Arsip Berita -> Berita

Berita

Tanggal : 2014-02-16 | Waktu : 16:12:29
Fakultas Syariah Dan Ekonomi Islam (FSEI) IAIN Sumatera Utara Telah Memiliki Laboratorium Perbankan Syariah

Plh. Dekan FSEI IAIN SU, Dr. Azhari Akmal Tarigan, MA didampingi Wadek III, Dr. Muhammad Yafiz, MA menyatakan bahwa ketersediaan Sumber Daya Insani (SDI) yang berkualitas tinggi merupakan sebuah keniscayaan bagi pengembangan Ekonomi Islam ke depan. SDI berkualitas tinggi juga akan sangat menentukan kelangsungan hidup dan kemajuan suatu bangsa, semakin tinggi mutu SDI maka akan semakin besar peluang kelangsungan hidup dan kemajuan mereka. Dalam rangka pemenuhan SDI berkualitas, lembaga pendidikan sudah seharusnya mengembangkan pengetahuan dan pengalaman dengan bekerjasama dengan berbagai lembaga profesi yang ada. Mahasiswa perbankan syari’ah misalnya selain belajar secara teoritis perlu juga belajar secara praktis  dengan melaksanakan praktek perbankan. Tentu saja model pendidikan yang menggabungkan antara teori dan praktek akan  menjadi suatu pembekalan atau persiapan yang memadai bagi mahasiswa yang menekuni ekonomi Islam/perbankan syariah.

Pendidikan dan pengajaran yang mensinergikan antara teori dengan praktek, merupakan model pendidikan yang dikembangkan di FSEI IAIN Sumatera Utara. Dengan model ini perguruan tinggi bertugas memberikan pemahaman tentang teori ekonomi Islam, perbankan syariah, teknis operasional perbankan syariah. Sedangkan lembaga praktis seperti perbankan syari’ah memberikan skill atau keahlian dengan cara mempraktekkan teori-teori tersebut secara langsung di lembaga perbankan. Dengan demikian alumni atau SDI yang dihasilkan telah memiliki bekal yang memadai (wawasan dan skill) dan memiliki  daya saing yang cukup tinggi.

FSEI IAIN Sumatera Utara sebagai institusi pendidikan tinggi di bawah kemenag RI memiliki visi dan misi untuk mengembangkan kemandirian mahasiswa dan memberikan bekal kemampuan mahasiswa di lapangan kerja. Sebagai bentuk keseriusan untuk mensinergikan antara teori dan praktek, selama ini FSEI IAIN SU melakukan kerjasama dengan  perbankan syariah baik dalam aspek sarana maupun instruktur. Namun demikian FSEI IAIN SU tetap berusaha mewujudkan fasilitas laboratorium perbankan syariah milik fakultas sendiri, agar mahasiswa dapat melakukan praktek perbankan syariah lebih maksimal.

Dalam rangka pengadaan software aplikasi sistem informasi perbankan syariah pada laboratorium perbankan syariah sekaligus pembekalan cara instalasi dan penggunaannya, Plh. Dekan Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam IAIN Sumatera Utara mengirim Kepala Laboratorium FSEI  IAIN SU saudara Zuhrinal M. Nawawi  untuk mengikuti workshop penyiapan laboratorium perbankan syariah yang diadakan oleh Lingkar Benua di Yogyakarta. Workshop ini dilaksanakan pada hari Senin, 7 - 8 Oktober 2013, di Hotel LPP Garden Yogyakarta.

Ketua jurusan dan sekretaris jurusan Ekonomi Islam FSEI IAIN SU Isnaini harahap, MA dan Dr. M. Ridwan, MA mempertegas bahwa software aplikasi sistem informasi perbankan syariah pada laboratorium perbankan syariah sangat diperlukan karena perkembangan pemanfaatan teknologi informasi dewasa ini terbukti memberi kemudahan pada semua bidang pekerjaan, tidak terkecuali dunia perbankan. Aktifitas pencatatan transaksi yang melibatkan perhitungan rumit dan pelaporan yang kompleks menjadi sangat terbantu dengan memanfaatkan program komputer. Komputer menciptakan prinsip cost effective dan meningkatkan efisiensi kerja secara maksimal. Pendek kata tanpa penggunaan aplikasi Komputer pekerjaan dalam dunia perbankan sangat tidak efektif karena menguras banyak tenaga, waktu dan pemikiran. Ujung-ujungnya tidak efisien dalam operasional sekaligus meningkatkan resiko operasional.

Pada saat yang sama perkembangan ekonomi syariah dari hari ke hari terlihat semakin semarak khususnya dalam bentuk perbankan syariah. Masyarakat mulai menerima secara luas bank syariah, dibuktikan dengan kemunculan banyaknya unit syariah dari lembaga perbankan konvensional. Fenomena tersebut menciptakan pertumbuhan lapangan pekerjaan yang sangat luas dan akan semakin luas dari hari ke hari.

Kedua trend dan fenomena yang terjadi di atas merupakan peluang bagi setiap perguruan tinggi Islam untuk menyiapkan lulusannya agar mampu mengambil peluang di atas. Untuk itu pada jurusan ekonomi Islam diberikan matakuliah perbankan syariah. Guna memberikan penjelasan yang mudah dan kongkret pada matakuliah tersebut dibutuhkan sebuah model pembelajaran yang menggambarkan mekanisme kerja perbankan syariah langsung praktek dalam laboratorium perbankan syariah. Guna mendukung laboratorium tersebut dibutuhkan software sistem informasi manajemen pengelolaan perbankan syariah. (zmn-pokja it).