Arsip Berita -> Berita

Berita

Tanggal : 2017-05-02 | Waktu : 14:23:36
Rapat Pimpinan Fakultas Syari'ah dan Hukum

26 April 2017, Fakultas Syari'ah dan Hukum mengadakan Rapat Pimpinan sebagaimana biasa dilaksanakan. Rapat hari ini dipimpin langsung oleh Wakil Dekan I, dimana kehadiran para pejabat Fasih mencapai 95%. Adapun pembahasan rapat kali ini membahas mengenai beberapa persoalan yang begitu mendesak dimana diantaranya disampaikan oleh beberapa petinggi Fasih sebagai berikut:

Dekan

 

Pada rapat ini, Dekan menyampaikan bahwa kedepan masing-masing jurusan di lingkungan Fasih agar menyiapkan 2 (dua) dosen yang ahli internal yang ditetapkan untuk meninjau dan menjadi ahlinya dalam draft kurikulum, dan ini dilakukan untuk disampaikan di workshop kurikulum mendatang. Diharapkan pula ini dilakukan secara marathon yakni seminggu sekali sampai pertengahan bulan mei 2017 agar draft kurikulum nantinya sudah selesai sebelum lebaran.

 

Selain itu, ketika diadakannya workshop kurikulum nantinya, diharapkan adanya informasi yang disampaikan kepada bapak/ibu dosen jurusan masing-masing bahwa SIAKAD untuk dosen dirampungkan dan diisi datanya. Ini dlakukan agar data Dosen UIN seluruhnya terangkum dalam database web yang mana sudah terintegrasi dan masuk ke web UIN. Sebagai informasi tambahan, Satupun dosen di UIN ini belum lengkap data siakadnya, untuk itu segera disiapkan.

Diinformasikan pula bahwa sebelum OPAK 2017 ini diharapkan semua jadwal sudah didistribusikan ke mahasiswa. Begitu mahasiswa daftar ulang, seluruh perlengkapan jadwal perkuliahan sudah didapatkan mahasiswa, sehingga kajur/sekjur dan dosen di tiap jurusan masing-masing sudah prepare dengan silabus yang disiapkannya sebelum mengajar. Lebih lanjut, Form maintenance yang dibawah kendali bagian Umum untuk terus dikoordinasi dengan Biro pusat seiring dengan berkembangnya beberapa kebutuhan fasilitas, sarana dan prasarana di Fasih

Selanjutnya, Desa binaan yang tiap tahun diadakan Fasih, sebelum bulan Juni 2017 sudah dirampungkan dengan maksud 50% anggaran Fasih sudah terserap dan bagian keuangan nantinya dapat mengetahui dan mempersiapkan rencana kegiatan lainnya yang ada di Fasih. Diharapkan Masing-masing jurusan koordinasi dengan WD III mengenai segala teknis yang ada. Per bulan mei 2017, kegiatan sudah bisa dilaksanakan

Selain itu, Jurusan Jinayah dan S-2 AS harus mendistribusi dosennya ke jurusan lain sebagai pembimbing atau apapun yang berkaitan dengan hal-hal bersifat akademik, mengingat pada wisuda tahun ini kedua jurusan tersebut belum memiliki wisudawan nantinya.

Lanjut, Iuran dana bansos 25 ribu perbulannya, sedangkan Dana Darma Wanita, 15 ribu perbulannya.

Wakil Dekan I

Sebagai awal rapat, bapak WD I mengumumkan bahwa dalam waktu dekat seluruh pejabat Fasih agar mengadakan SOP UTS dan UAS yang diketahui oleh seluruh dosen FASIH UIN SU, agar keseragaman pelaksanaan UTS dan UAS dapat terlaksana, mengingat beberapa tahun terakhir SOP mengenai UTS dan UAS belum ada.

Selanjutnya, diharapkan kepada Kajur/Sekjur untuk segera melakukan Penulisan buku penelitian kelompok, yang mana keseluruhan jurusan menyiapkannya paling lambat akhir bulan juni 2017. Begitu juga dengan buku ajar, diharapkan kajur/sekjur mensosialisasikan pula kepada seluruh dosen di tiap jurusan agar paling lambat akhir bulan Juni 2017. Selain itu, keberadaan Jurnal Jurusan pun harus secepatnya diterbitkan. Penyelesaiannya pun diharapkan paling lambat pada rentang bulan September-oktober 2017.

Kemudian, berbicara tentang Borang Akreditasi S-2 Ahwal al-Syakhsiyah, diharapkan kepada Kajur/Sekjur untuk segera merampungkan seluruh data borang. Agustus 2017 diharapkan harus sudah selesai. Adapun dengan jurusan Jinayah, dengan telah siapnya borang akreditasi, simulasi borang akan diadakan pada bulan September 2017.

Di sisi lain mengingat hal ini penting, disampaikan pula bahwa agar seluruh kajur/sekjur menyampaikan kepada dosen-dosen jurusan masing-masing ada semacam simulasi dari Rencana BKD Dosen, ini dilakukan agar ada persiapan kelengkapan data untuk BKD utama nanti yang diajukan pada bulan Agustus 2017.

Wakil Dekan II

Beliau menyampaikan, bahwa ada edaran tentang penggunaan ruangan Fasih pada tanggal 16 Mei 2017, sehingga sejak tanggal 15 Mei 2017 perkuliahan ditiadakan.

Wakil Dekan III

Disampaikan bahwa akan diadakan bulan Juli 2017 KKN se UIN SU Medan, seluruh dosen di UIN dilibatkan dengan distribusi lokasi KKN Deli Serdang, Sergei, Medan, Batubara dan mungkin akan bertambah lokasinya. Fasih sendiri akan mengirim 300an mahasiswanya untuk KKN.

Lanjut, Dosen di fakultas baru diharapkan oleh pimpinan tertinggi UIN dilibatkan untuk Pengabdian Kepada Masyarakat, dan ini harus dilakukan oleh fakultas-fakultas yang sudah lama dengan menarik dosen-dosen pada fakultas baru..

Sebagai informasi, Mahasiswa UIN SU sedang berjuang Pionir, UIN SU terbanyak nomor 2 mengirim utusannya dengan  114 orang dengan Fasih sendiri 19 orang. Diharapkan doanya agar membawa pulang sesuatu yang membanggakan.

Rapat kali ini ditutup dengan doa, insya Allah rapat selanjutnya akan dibahas mengenai realisasi dari rapat kali ini.