Rabu, 25 Oktober 2023, Fakultas Syariah dan Hukum UIN Sumatera Utara menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Pola Pembelajaran Di Perguruan Tinggi. Kegiatan ini diselenggarakan di Aula Hotel Miyana Medan. Narasumber dalam kegiatan ini, Dr. M. Abrar Parinduri, MA dari Universitas Medan Area dan Prof. Dr. Azhari Akmal Tarigan, M.Ag, yang merupakan Wakil Rektor Bidang Akademik UIN Sumatera Utara.
Kegiatan ini dibuka langsung oleh Dekan Fakultas Syariah dan Hukum UIN Sumatera Utara Dr. Syafruddin Syam, M.Ag, dalam sambutannya beliau mengatakan bahwa Pembelajaran merupakan kegiatan inti dari keseluruhan proses pendidikan di Perguruan Tinggi. Salah satu indikator mutu pendidikan di Perguruan Tinggi dapat dilihat dari hasil belajar mahasiswa dan kualitas hasil belajar akan dipengaruhi oleh kualitas proses pembelajarannya. Dosen merupakan faktor determinan dalam menentukan tinggi rendahnya kualitas proses pembelajaran. Kualitas proses pembelajaran dapat dilihat dari bagaimana dosen dalam menggunakan sistem penyajian bahan, peranan dosen dalam mengelola kegiatan pembelajaran, tingkat partisipasi clan jenis kegiatan belajar yang dihayati mahasiswa serta iklim proses pembelajaran.
Ada dua pola pembelajaran di Perguruan Tinggi yaitu pola pembelajaran yang berpusat pada lembaga atau dosen, yaitu seorang dosen mengajar mahasiswa dengan bahan ajar yang sudah given sebagaimana yang telah dituangkan dalam Silabus dan Pola Pembelajaran yang di desain dengan pendekatan sistem yaitu dosen mengajar dan mahasiswa. belajar, bertolak dari kebutuhan belajar mahasiswa yang diawali dengan needs assesment. Strategi pembelajaran di Perguruan Tinggi keaktifan berpusat pada mahasiswa dan kemandirian. Salah .satu masalah utama yang dihadapi dunia pendiclikan tingggi di Indonesia pada saat ini adalah masalah mutu lulusan pendidikan tinggi. Kemudian untuk itu penting bagi kita semua untuk sama-sama fokus dengan apa yang nantinya di paparkan oleh narasumber karena narasumbernya sangat berkompeten dibidang nya, tutur nya.
Masalah mutu hasil pendiclikan tinggi merupakan masalah yang kompleks, salah satu komponen penting yang menentukan kualitas lulusan pendidikan tinggi adalah kualitas tenaga dosen dan kualitas dosen salah satunya ditentukan oleh kemampuannya dalam mengajar. Karena peranan dosen dalam proses pembelajaran adalah sangat sentral. Pemafaran materi oleh narasumber berjalan dengan baik dan seluruh peserta dengan khidmat mengikuti jalan nya kegiatan dan akhir pemafaran narasumber diisi oleh diskusi tanya jawab oleh peserta dan narasumber.
Diakhir kegiatan diisi oleh foto bersama seluruh peserta dan narasumber