Sharia Festival 2024 di UIN-SU Medan

fasih.uinsu.ac.id – Fakultas Syariah dan Hukum Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UIN-SU) menggelar acara tahunan Sharia Festival 2024 yang berlangsung dari tanggal 23 hingga 29 September 2024 di Kampus II UIN-SU Medan. Acara ini diisi dengan berbagai kegiatan kompetisi, hiburan, dan seminar nasional yang mengusung tema peningkatan pemahaman dan apresiasi terhadap nilai-nilai syariah dalam kehidupan masyarakat.

Festival ini dibuka dengan Opening Ceremony pada tanggal 23 September 2024 yang dimulai pukul 08.00 WIB. Acara dibuka oleh Master of Ceremony (MC) dan dilanjutkan dengan persembahan tari tradisional oleh Nazierah. Selanjutnya, hadirin menyanyikan Lagu Indonesia Raya dan Mars UINSU yang dipimpin oleh Dea, serta pembacaan ayat suci Al-Qur’an dan doa oleh Zaldi dan Hamdan.

Musabaqah Syarhil Qur’an menjadi salah satu kompetisi yang menarik perhatian, berlangsung di Aula Utama Kampus II UIN-SU. Selain itu, diadakan juga Sharia Champions League, kompetisi olahraga yang digelar di lapangan futsal kampus, yang berlangsung selama dua hari, yaitu tanggal 23 dan 24 September 2024.

Pada hari kedua, Selasa, 24 September 2024, rangkaian kegiatan mencakup Vokal Solo Competition yang diselenggarakan di Aula Utama, serta penampilan pentas seni yang diisi oleh mahasiswa berbakat dari UIN-SU. Acara diakhiri dengan penampilan Guest Star & Hiburan yang menambah kemeriahan acara.

Puncak acara Sharia Festival 2024 adalah Seminar Nasional yang digelar pada Minggu, 29 September 2024. Seminar ini menghadirkan tokoh-tokoh penting, di antaranya Dr. H. Faisal Amri, M.Ag sebagai keynote speaker dan H. Fadly Nurzal, S.Ag, politisi senior, sebagai salah satu pemateri. Acara seminar ditutup dengan penampilan hiburan dan pengumuman serta penyerahan hadiah kepada para pemenang lomba.

Sharia Festival 2024 berhasil menjadi wadah kreativitas mahasiswa UIN-SU Medan dalam bidang seni, olahraga, dan akademik, sekaligus mengokohkan nilai-nilai syariah dalam kehidupan kampus.

Dokumentasi :